Pantau Harga Pangan di Pasar Serpong, Bapanas: Semua Stabil

0
Kepala Pusat Data dan Informasi Pangan (Pusdatin Pangan) Badan Pangan Nasional (Bapenas), Kelik Budiana, melakukan monitoring harga pangan di Pasar Serpong, Selasa (9/7).

Kepala Pusat Data dan Informasi Pangan (Pusdatin Pangan) Badan Pangan Nasional (Bapenas), Kelik Budiana, melakukan monitoring harga pangan di Pasar Serpong, Selasa (9/7).

Dalam kunjungannya, Kelik Budiana mengungkapkan bahwa harga mayoritas komoditas pangan stabil meskipun terjadi penurunan penjualan untuk beberapa jenis komoditas.

“Dari komoditas yang kita tanya kepada pedagang hampir semuanya harganya stabil. Memang ada penurunan penjualan untuk beberapa komoditas, seperti telur. Kemudian daging. Itu ada penurunan penjualan,” kata dia.

Kelik Budiana mengaitkan penurunan ini dengan faktor musiman, terutama dengan dimulainya masa masuk sekolah.

“Mungkin karena anak sekolah sedang masuk sekarang. Kalau telur mungkin karena ada beberapa sekarang jualan itu mendekati konsumen, sehingga penjualan menurun walaupun tidak banyak,” ujar Kelik Budiana.

Kelik Budiana juga menyoroti kenaikan harga pada komoditas tertentu, seperti cabai. Hasil pemantauan cabai rawit hijau Rp 70 ribu per kg, cabai rawit merah, Rp 60 ribu per kg, dan cabai keriting Rp 50 ribu per kg.

“Untuk cabai memang beberapa hari ini agak naik sedikit, tetapi saya kira itu hal yang wajar. Saya kira nanti akan kembali normal,” kata Kelik Budiana.

Kelik Budiana menegaskan bahwa Bapanas terus mengawasi situasi pasar pangan dan siap untuk melakukan intervensi jika diperlukan.

“Kita tetap memantau dari badan pangan. Kita akan bantu beberapa hari ini dengan melakukan intervensi. Tadi pasokan sementara cukup baik. Kemudian permintaan juga stabil,” kata Kelik Budiana.

Menurut Kelik Budiana, kenaikan harga aneka cabai bukan karena pasokan berkurang melainkan karena ada kenaikan biaya produksi.

“Dari sisi produksi, mungkin biaya ada kenaikan sehingga harga penjualan juga dinaikkan. Tapi saya kira akan segera mulai kembali normal karena sebenarnya tidak ada hal-hal kritis yang mempengaruhi harga,” kata dia.

Di samping itu, hasil sampling beberapa komoditas, seperti bawang merah, bawang putih, ikan kembung, daging ayam, cabai, cabai keriting, menunjukkan bahwa pangan yang beredar di Pasar Serpong aman untuk dikonsumsi.

“Dari hasil sampling, tidak ditemukan formalin pada produk ayam dan ikan. Ini menunjukkan bahwa pedagang di sini mematuhi standar keamanan pangan dengan baik,” ujar Kelik Budiana.

Dalam kesempatan ini, Kelik Budiana juga mengapresiasi kerjasama dari pedagang dan masyarakat dalam menjaga kualitas dan keamanan pangan.

“Kami terus berkomitmen untuk memastikan pangan yang dijual di pasar ini sehat dan aman untuk dikonsumsi,” pungkas Kelik Budiana.

Sebagai informasi, harga telur ayam ras Rp 28 ribu per kg, ayam boiler Rp 35 ribu per kg, bawang merah Rp 35 ribu per kg, bawang putih Rp 40 ribu per kg, Minyakita Rp 16 ribu per liter, tomat Rp 10 ribu per kg, dan beras SPHP kemasan 5 kg Rp 62 ribu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini