PAUD Bina Kasih Komitmen Menjalankan Sistem Pendidikan Holistik Integratif

0
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Dalam rangka mendukung Program Pendidikan Anak Usia Dini Holostik Integratif (PAUD-HI) yang dicanangkan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Pada 19 November 2020 di Aula kantor UPTD Kecamatan Ujungbatu, PAUD Bina Kasih yang merupakan Sekolah Binaan Yayasan Bumitama di operasional BGA Group di Kab. Rokan Hulu, Riau, mengikuti kegiatan penandatanganan komitmen Bersama dalam penerapan Program Layanan Pendidikan Holistik Integratif di sekolah.

Acara pendandatanganan komitmen tersebut dihadiri oleh Penilik PAUD Kec. Ujung batu (Arif, SS), Camat Ujung Batu Fisman Hendri S.Hut, Bunda PAUD Kec. Ujungbatu (Aika murni, S.Kom), Koordinator Pendidkan/Kepala UPTD Kec. Ujungbatu (Ramli, Amd), Kepala Desa dan Bunda PAUD Desa di Kecamatan Ujungbatu dan Perwakilan MUSPIKA setempat.

Kegiatan yang berlangsung di Kecamatan Ujung Batu tersebut diikuti sebanyak 18 Taman Kanak-Kanak dan 1 PAUD yaitu PAUD Bina Kasih. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Pelatihan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Rokan Hulu setempat tentang rencana penerapan / Implementasi sistem Pendidikan holistik dan integratif.

Penyelenggaraan layanan pendidikan anak usia dini secara utuh menyeluruh mencakup berbagai aspek yakni; pelayanan gizi dan Kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak usia dini.

Saat ini beberapa Program Holistik Integratif juga terlaksana pada masa pandemik dengan sistem Belajar dari rumah (BDR) dengan cara; Sosialisai kegiatan BDR kepada Wali Murid, Komitmen bersama antara Guru dan Wali Murid untuk tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran daring maupun luring dengan tetap mengutamakan protokol Kesehatan.

Setelah BIMTEK penyelenggaraan PAUD HI yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Roka hulu, Layanan Pendidikan PAUD HI di Lembaga PAUD Bina kasih lebih terprogram dan terarah dalam mewujudkan PAUD Holistik Integratif ini.

Kemudian, pihak sekolah juga bekerjasama dengan Posyandu setempat untuk monitoring tumbuh kembang anak seperti; Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak, Penimbangan dan Pengukuran timbang badan, Pengukuran lingkar kepala dan pemberian vitamin dari Dinkes setempat, serta pelaksanaan pemberian vaksin dari pemerintah pusat dan daerah seperti vaksin Rubela beberapa tahun lalu.

Meinindaklanjuti penerapan Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif ini, PAUD Bina Kasih akan melaksanakan beberapa rencana tahapan, dantaranya:

Tahap perencanaan; Analisis kebutuhan pembelajaran di PAUD, merencanakan program dan tujuan penyelenggaraan PAUD HI, membuat komitmen bersama yang tertuang dalam mou dengan pihak-pihak terkait.

Tahap pengorganisasian; menyusun tim pelaksana PAUD HI, membuat berita acara dan dan SK.

Tahap pelaksanaan PAUD HI; meliputi kegiatan peningkatan layanan pendidikan dan pengasuhan, kebutuhan gizi dan kesehatan, serta perlindungan yang terimplementasi pada ada kegiatan layanan di lembaga PAUD Bina Kasih.

Tahap evaluasi dan supervisi yang dilaksanakan oleh penilik PAUD.

Camat Ujung Batu Fisman Hendri S.Hut dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh Sekolah Taman Kanak-Kanak dan Lembaga PAUD, agar betul-betul menjalankan program pemerintah ini dengan sebaik-baiknya, dan seorang Guru dimasa sekarang harus Belajar Sebelum Mengajar karena ada perbedaan siswa di zaman dulu dan sekarang.

Tetaplah semangat dalam mendampingi anak didik menemukan bakat dan kemampuannya dan Pihak Kecamatan siap mendukung apa yang diperlukan oleh UPT Pendidikan dan sekolah untuk membangun kualitas Pendidikan di Kecamatan Ujung Batu.” Ujar Fisman S. Hut.

Semoga PAUD Bina Kasih dapat menjalankan program tersebut, sehingga kualitas Pendidikan di Lembaga PAUD Bina Kasih semakin meningkat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini