BPDPKS dorong Petani Sawit Sumatera Barat ikut Program Sarpras

0
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Badan Penggelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mensosialisasikan program-program terkait sarana prasarana  kepada petani sawit wilayah Sumatera Barat yang tergabung dalam  Asosiasi  Petani Kelapa sawit Indonesia (APKASINDO).

Kegiatan dilakasanakan dalam rangkaian kegiatan Apkasindo Wilayah Sumatera Barat dengan tema menuju Indonesia Tangguh melaui harga TBS setara dan Penguatan Kelembagaan Kemitraan Kelapa Sawit.  Kegiatan   dilaksanakan di hotel grand zuri kota Padang  Provinsi Sumatera Barat pada 1 sd 3 Juli 2022.

Dalam paparannya  Kepala Divisi UKMK Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Helmi Muhansyah menyampaikan , Visi BPDPKS adalah menjadi badan pengelola dana yang terpercaya dalam pengembangan sawit berkelanjutan sebagai komoditas strategis nasional untuk kesejahteraan rakyat Indonesia.

Berbagai program BPDKS yang terkait dengan sarana dan prasarana (Sarpras) dapat digunakan untuk Mendukung petani swadaya dalam memperbaiki fasilitas untuk peningkatan produktivitasnya. Bentuk penyaluran sarana dan prasarana terdiri dari: Benih, Pupuk dan Pestisida (Ekstensifikasi), Pupuk dan Pestisida (Intensifikasi), Alat pascapanen dan Unit Pengolahan Hasil, Peningkatan Jalan dan Tata Kelola Air, Alat Transportasi, Alat Transportasi, Infrastruktur Pasar dan Verifikasi Teknis (ISPO)

Tata Kelola penyaluran paket Sarpras secara garis besar terdiri dari beberapa tahapan antara lain sosialisasi, pengisian usulan secara online, verifikasi usulan, penerbitan rekomtek, penyaluran dana, dan monitoring evaluasi. Dari kegiatan ini diharapkan Petani-Petani sawit di Sumatera Barat dapat segera berkoordinasi dengan Dinas yang menangani perkebunan di masing-masing kabupaten untuk mengakses dana sarana dan prasarana.

Dalam sambutan pembukaan Ketua DPW Sumatera Barat Jufri Nur menyampaikan Sumatera barat merupakan salah satu dari Sembilan provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia dengan luas tanaman sebesar 249.518  ha di Sumbar dengan luasan kebun rakyat 67,42 persen.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan Apkasindo Sumatera Barat Ketua Umum DPP Apkasindo Dr Gulat Manurung, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Apkasindo Sumatera Barat  Jufri Nur dan Perwakilan Petani-Petani Kelapa sawit Se Sumatera Barat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini