Coffee Lover Indonesia akan Laksanakan Program Pelatihan 1000 Barista

0
rembug kopi

Coffee Lover Indonesia (CLI) bekerjasama dengan Asosiasi Duta Indonesia dan Masyarakat Indikasi Geografis (MIG) Kopi Robusta Lampung akan segera melaksanakan program penumbuhan 1000 usaha baru di bidang perkopian untuk tahun ini.

ketua Coffee Lover Indonesia, Jamil Musannif menuturkan kegiatan utama program ini akan difokuskan untuk pelatihan gratis usaha kopi, khususnya barista.

“Pelaksanaan program pelatihan barista ini untuk mendukung pertumbuhan usaha baru di bidang perkopian,” ujar mantan Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian RI tersebut pada Majalah Hortus pada Rabu (25/9/19) di Jakarta.

Program ini akan dilaksanakan dalam satu tahun ke depan. Namun jika belum tercapai maka akan dilanjutkan pada tahun selanjutnya.

“Jadi, target waktunya lentur, kalau bisa dalam 1 tahun, kalau belum tercapai, ya, waktunya ditambah lagi, yang penting kita terus laksanakan,” jelas Jamil.

Program pelatihan usaha kopi ini akan menyasar kalangan muda yang sudah ada rencana untuk memulai usaha di bidang kopi serta bersedia melaksanakan program 1/100 (one per hundred) commitment coffee for earth and humanity, yaitu menyisihkan satu dari setiap 100 unit yang terjual untuk upaya pelestarian lingkungan dan kemanusiaan.

“Jadi itu persyaratan yang akan kami berikan kepada peserta pelatihan program ini,” ujar Jamil.

Di samping itu, lanjut Jamil, apabila usahanya adalah kafe/coffee shop maka dihimbau untuk ikut memasarkan kopi Robusta Lampung, di samping kopi-kopi lainnya. Jamil berharap para peserta pelatihan yang nanti dibekali pengetahuan dan semangat berusaha kopi, selanjutnya bisa mewujudkan usaha kopinya dengan mandiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini