SD Bumitama Raih Medali Terbanyak di Tiga Ajang Lomba

0
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

Sejak didirikannya Yayasan Bumitama pada tahun 2017 yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan standar pendidikan nasional.

Dalam kurun waktu 3 tahun Sekolah Dasar (SD) Bumitama cukup banyak meraih prestasi, baik pada tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

Sebelumnya SD Bumitama pernah menjadi Finalis Olimpiade Sains Nasional di Jakarta, Juara Cerdas Cermat tingkat Kabupaten, Peraih Predikat Sekolah Adiwiyata, serta beberapa kejuaraan olahraga dan seni serta lainnya.

Baru-baru ini (akhir Februari 2020), SD Bumitama kembali mendapatkan banyak prestasi baik akademik maupun non akademik.

Prestasi tersebut dihasilkan dari 3 (tiga) kegiatan perlombaan Kompetisi (olimpiade) Sain Nasional (KSN), Olimpiade Olahraga dan Seni Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

Untuk ketiga lomba ini diawali pada tingkat kecamatan terlebih dulu. Di tiap wilayah, keikutsertaan SD Bumitama pada ketiga ajang lomba tersebut memiliki tingkat persaingan yang berbeda-beda.

Rata-rata peserta antara 20-50 siswa di tiap cabang lomba. Kegiatan berlangsung pada minggu ke-3 dan ke-4 di Bulan Februari 2020 lalu.

Lomba sendiri diadakan pada setiap kecamatan, di bawah Cabang Dinas Pendidikan setempat.
Pada kegiatan lomba KSN, SD Bumitama megikuti lomba Olimpiade Matematika dan IPA. Sedangkan O2SN kegiatan lomba yang diikuti antara lain; cabang atletik, bulu tangkis, dan tenis meja.

Sementara, pada ajang FLS2N kegiatan lomba yang diikuti adalah lomba tari, puisi dan vokal solo.
Jumlah Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Swasta yang berkompetisi dalam KSN, O2SN dan FLS2N dari masing kecamatan adalah :
Kec. Antang Kalang (Kalteng) sebanyak 22 SDN/SDS, Kec. Telaga Antang (Kalteng) sebanyak 21 SDN/SDS, Kec. Cempaga Hulu (Kalteng) sebanyak 24 SDN/SDSK, ec. Kotawaringin Lama (Kalteng) sebanyak 24 SDN/SDS, Kec. Kendawangan (Kalbar) sebanyak 52 SDN/SDSK, Kec Pendalian (Riau) sebanyak 10 SDN/SDS.

Koordinator Sekolah Yayasan Bumitama Sri Wahyuni melalui sambungan telepon mengatakan, persiapan yang dilakukan untuk kegiatan lomba tersebut adalah melakukan pendampingan rutin dalam program ekstrakulikuler dan melaksanakan program pengembangan diri peserta didik.

Terkait hal ini, para orang tua murid di SD Bumitama mengaku senang atas perolehan prestasi dari sekolah di tengah kebun sawit ini.

Mereka juga merasa bangga dengan kemenangan anak-anaknya pada ajang lomba tersebut. Sehingga dukungan orang tua kepada sekolah pun sangat tinggi, misalnya kesediaan sumbangan sekedarnya kepada sekolah untuk akomodasi dan transportasi.

Merespon atas capaian yang diraih oleh sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan Bumitama, salah satu Pengawas di UPT Pendidikan di Kecamatan Cempaga Hulu, Jaja A mengatakan, bahwa, kalau untuk mewakili kecamatan, selalu SD Bumitama yang diandalkan. Dan sering mendominasi kejuaraan tingkat kecamatan.

“Ini merupakan awal yang bagus, karena dapat menjadi salah satu parameter bagi dinas pendidikan di kabupaten untuk menilai kualitas pendidikan dan pengajaran yang diterapkan sekolah-sekolah Yayasan Bumitama” ujar Jaja A.

Sri Wahyuni menambahkan, sistem belajar di SD Bumitama adalah pembelajaran berbasis Joyfull Learning dengan mengedepankan pengembangan minat dan bakat peserta didik.

Saat ini, SD Bumitama senantiasa berupaya untuk meluluskan siswa-siswi yang berkarakter dan berprestasi sesuai kompetensi yang dimiliki siswa.

Rencana selanjutnya, setelah perlombaan tingkat kecamatan ini adalah melanjutkan para peserta didik untuk mengikuti perlombaan serupa di tingkat kabupaten.

Namun, dikarenakan saat ini sedang terjadi wabah Corona, sebagai bentuk pencegahan yang dilakukan pemerintah kabupaten, seluruh kegiatan lanjutan dari perlombaan tersebut ditunda sampai waktu tak terbatas.

Hingga saat ini, kegiatan belajar mengajar SD Bumitama dilakukan di rumah masing-masing. Namun dilakukan pendampingan sekolah secara online.

Kemudian, untuk sekolah yang berlokasi divisi (kebun) yang tidak terjangkau sinyal dilakukan kunjungan pemantauan guru ke kebun untuk absensi kehadiran, penarikan tugas (PR) dan pemberian materi pembelajaran secara kolektif melalui tim operasional PT BGA group yang di tunjuk.

“Semoga kegiatan belajar mengajar dapat kembali normal dan bersiap untuk menggapai prestasi lebih baik di tahun 2020 ini,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini