MAKSI dan BPDP-KS Gelar Lokakarya Hilirisasi Sawit di UMKM Luwu

0
petani di kelapa sawit

Masyarakat Perkelapasawitan Indonesia (MAKSI) bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) dan Pemkab Luwu Utara menggelar lokakarya potensi manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berbasis kelapa sawit di Luwu, Sulawesi Selatan.

Staf Ahli MAKSI, Dr Ir Hariyadi MS mengatakan, tujuan utama lokakarya agar pelaku koperasi dapat memaksimalkan potensi produk hilir sawit dan turunannya.

“Misalnya pembuatan kerajinan berbasis sawit, pembuatan gula merah (nira) dari batang hasil replating sawit, sabun dan detergen, tepung batang sawit, kompos, janjang kosong, pakan ternak, dan arang dari cangkang kelapa sawit,” jelas Hariyadi dalam lokakarya yang di adakan di Hotel Remaja, Luwu Utara, Sulsel, Kamis (17/10/2019).

Untuk mengoptimalkan potensi sawit melalui koperasi, lanjut Hariyadi,  selama kegiatan lokakarya peserta akan diberikan pemahaman terkait dengan manajemen organisasi.

Seperti sistem prosedur koperasi, akuntansi dasar dan manajemen keuangan, rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi, sistem kepemimpinan dan komunikasi efektif serta membangun jejaring atau networking.

Tak hanya itu, pelatihan usaha alternatif penunjang produksi sawit juga akan disampaikan, agar petani bisa memanfaatkan segala peluang yang ada di perkebunan berbasis sawit.

“Seperti penyedia jasa angkut sawit, penyedia sarana produksi tani (pupuk, pestisida dan peralatan), penyedia/penangkar bibit sawit berkualitas,” kata Hariyadi.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Luwu Utara Muhammad Kasrum berharap ke depan pengelolaan koperasi bisa semakin baik.

Karsum juga mengingatkan agar pengelolaan koperasi dilakukan secara berkelanjutan. Apalagi jika melihat selama ini tidak sedikit koperasi yang baru aktif apabila akan diberi bantuan, lalu vakum setelahnya.

“Saya berharap yang di undang ini betul-betul memanfaatkan peluang, supaya ke depan bisa tercapai apa yang kita harapkan,” ujar Kasrum.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini