PASPI Gelar Akademi & Award Kreatif Sawit Indonesia (AKSI)

0
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mengakomodir kebutuhan kampanye sawit yang spesifik target yaitu Generasi Milenial dan Gen-Z, maka PASPI (Palm Oil Agribusiness Startegic Policy Institute) menyelenggarakan Akademi & Award Kreatif Sawit Indonesia (AKSI) yang menargetkan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif PASPI Tungkot Sipayung. Menurutnya, program ini tidak hanya menempatkan mahasiswa (Generasi Milenial dan Gen-Z) sebagai obyek/sasaran kampanye positif sawit, tapi juga mendorong partisipasi yang lebih besar yakni dengan membuat konten kreatif sebagai material promosi sawit sekaligus menyebarkan konten tersebut pada audience yang lebih banyak melalui platformnya masing-masing.

“Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut; Menyediakan bahan advokasi sawit kreatif yang permanen di platform sosial media, Membangun komunitas mahasiswa (Generasi Milenial dan Gen-Z) Indonesia untuk melakukan advokasi sawit, dan Mencetak influencer sawit,” kata Tungkot baru-baru ini.

Tungkot menambahkan, Akademi & Award Kreatif Sawit Indonesia (AKSI) terdiri dari dua rangkaian kegiatan yaitu Palm Oil Academy dan Palm Oil Creator Award.

“Palm Oil Academy merupakan program edukasi yang diikuti oleh mahasiswa (peserta) untuk mempersiapkan dirinya untuk memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk mengikuti Palm Oil Content Creative Competition dalam program AKSI 2021,” kata Tungkot.

Material kompetensi yang dipelajari dalam Palm Oil Academy terdiri dari yaitu kompetensi substansi sawit (Sawit101) dan kompetensi bidang softskill content creative (Creative Class).

Palm Oil Academy: Sawit101 bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa sebagai peserta program AKSI 2021 dengan pembahasan terkait substansi sawit seperti isu kesehatan, isu sosial ekonomi dan isu lingkungan. Narasumber pada sesi Sawit101 merupakan akademisi, researcher dan pengamat industri sawit yang profesional, kredibel dan kompeten di bidangnya masing-masing.

Palm Oil Academy: Creative Class bertujuan untuk mengedukasi mengedukasi mahasiswa sebagai peserta program AKSI 2021 dengan pembahasan terkait pelatihan softskill di bidang konten kreatif baik pada video editing maupun graphic design. Narasumber pada sesi Creative Class merupakan pengajar dan praktisi yang profesional, kredibel dan kompeten di creative skill.

Palm Oil Content Creative Competition
Selain itu, PASPI juga menyelenggarakan program kompetisi membuat konten kreatif sawit diikuti oleh peserta AKSI 2021 yang telah telah mengikuti rangkaian Palm Oil Academy. Peserta dapat memilih untuk mengikuti empat kategori lomba yaitu: (1) kategori Video Editing: (a) Short Movie & Dokumentasi; dan (b) Motion Graphic; serta (2) Kategori Graphic Design: (a) Poster & Infographic; dan (b) Comic.

Peserta juga harus memilih satu tema dalam konten kreatif dari 5 isu sawit dalam aspek kesehatan, 5 isu sawit dalam aspek sosial ekonomi dan 5 isu sawit dalam aspek lingkungan. Proses pemilihan pemenang (Top-3) dari 4 kategori lomba melalui penilaian juri dan public hiring yang berasal dari voting netizen

Palm Oil Creator Award
Program award (penghargaan) ini sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa sebagai peserta program AKSI 2021 yang telah mengikuti Palm Oil Academy (Sawit101 dan Crative Class) serta Palm Oil Content Creative Competition.

Selain mengumumkan pemenang Palm Oil Content Creative Competition, Palm Oil Creator Award ini direncanakan juga akan menghadirkan stakeholder industri kelapa sawit di Indonesia yang akan memberikan keynote speech; Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), Eddy Abdurrachman (Direktur BPDPKS), Joko Supriyono (Ketua Umum GAPKI), Bernard A. Riedo (Ketua GIMNI), Adi Wisoko Kasman (Ketua AIMMI), MP Tumanggor (Ketua APROBI) dan Dr. Gulat ME Manurung (Ketua APKASINDO).

TIMELINE PROGRAM

  • Palm Oil Academy, Sawit101: Sabtu, 20 November 2021, Creative Class: Minggu, 21 November 2021
  • Palm Oil Content Creative Competition: 22 November – 10 Desember 2021
  • Palm Oil Creator Award: Sabtu, 11 Desember 2021

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini