Majalah HORTUS Archipelago Edisi Februari 2022

0
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BELAKANGAN INI, minyak goreng yang dijual dalam bentuk curah maupun kemasan, harganya melambung hingga tergolong mahal dan banyak dikeluhkan pedagang gorengan dan kalangan ibu rumah tangga kelas menengah bawah. Tak hanya di kios ritel modern dan tradisional yang ada di ibukota, tapi juga di banyak kota lainnya di daerah.

Presiden Jokowi perintahkan menteri perdagangan untuk menjamin stabilitas harga komoditi ini di dalam negeri. Sebab kebutuhan rakyat harus diutamakan dan harga minyak goreng harus kembali terjangkau

Pembaca majalah ini yang kami banggakan…
Tingginya harga jual minyak goreng yang telah berlangsung lebih dari sebulan tersebut, kami angkat sebagai tema bahasan Rubrik Laporan Utama HORTUS Archipelago Edisi Februari 2022 ini. Sementara untuk Rubrik Liputan Khusus, kami mengupas ihwal pencabutan izin pemakaian kawasan hutan, termasuk izin HGU perkebunan di dalamnya, yang mencapai area seluas jutaan hektar.

Pemerintah, ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencabut 34.448 hektar HGU (Hak Guna Usaha) perkebunan yang ditelantarkan. “Izin-izin yang tidak dijalankan, yang tidak produktif, yang dialihkan ke pihak lain serta tidak sesuai peruntukan dan peraturan, kita cabut,” katanya menegaskan.

Dari total HGU yang dicabut, seluas 25.128 hektar merupakan HGU milik 12 badan hukum. Selebihnya, 9.320 hektar merupakan bagian dari HGU yang terlantar milik 24 badan hukum. Pemerintah akan terus mengevaluasi penertiban izin mulai dari pertambangan hingga kehutanan. Evaluasi itu untuk memperbaiki tata kelola sumber daya alam agar terdapat pemerataan, transparansi, dan keadilan.

Pembenahan dan penertiban itu merupakan bagian dari perbaikan tata kelola pemberian izin HGU. Pembenahan akan terus dilakukan dengan memberikan izin yang transparan dan akuntabel. Sedangkan, izin yang disalahgunakan bakal dicabut pemerintah.

Masalahnya, pencabutan yang dilakukan pemerintah cq Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terhadap HGU perkebunan tersebut, tidak seluruhnya ditelantarkan oleh pemiliknya. Bahkan, tidak sedikit di antaranya yang masih aktif beroperasi, mengantongi HGU, dan telah bersertifikat ISPO.

Pembaca sekalian yang kami hormati, di luar kedua rubrik utama tersebut, seperti biasa kami juga menyajikan tulisan/berita yang tak kalah atraktifnya.

Akhirnya dari balik meja redaksi, kami ucapkan selamat menikmati sajian kami.

Selmat membaca: https://tinyurl.com/2p8frua3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini