Majalah Hortus Edisi 107 Agustus 2021

0
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pembaca setia majalah ini yang kami mulyakan…

Banyak manfaat yang bisa dipetik petani dari dilaksanakannya Program PSR (Peremajaan Sawit Rakyat). Paling tidak ada 4 manfaat yang akan diterima petani sawit yang kebunnya diikutkan dalam Program PSR yang didanai Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Keempat manfaat tersebut adalah, pertama, menyangkut penyelesaian legalitas lahan. Pemerintah akan membantu penyelesaian legalitas lahan petani yang berada di kawasan hutan dan belum mempunyai Sertifikat Hak Milik (SHM).

Kedua, bertambahnya pendapatan pekebun. Implementasi PSR akan meningkatkan pendapatan pekebun seiring dengan bertambahnya produktivitas tanaman. Kata dia, PSR juga menggerakkan perekonomian lokal karena aktivitas petani berjalan, batang pohon yang diremajakan dapat diolah, hadirnya kebun bibit.

Ketiga, produktivitas tanaman sawit milik petani meningkat. Dengan menggunakan bibit berkualitas baik dan unggul, produktivitas kebun sawit swadaya dapat dinaikkan dari 2-3 ton CPO (crude palm oil) per ha per tahun menjadi 5-6 ton CPO per ha per tahun. Keempat, petani bisa mengelola kebun sawitnya sesuai GAP (Good Agricultural Practices).

Pembaca sekalian, empat manfaat yang bisa dinikmati petani peserta PSR tersebut, kami angkat sebagai tema Rubrik Laporan Utama edisi Agustus 2021 ini.

Pembaca sekalian yang budiman, untuk Rubrik Liputan Khusus kali ini, kami mencoba mengupas kebijakan pemerintah yang menurunkan tarif pungutan ekspor kelapa sawit, terhitung mulai 2 juli 2021 lalu. Di luar dua rubrik unggulan tersebut, seperti biasa kami juga menyajikan berita lainnya yang tak kalah hangat dan atraktifnya.

Akhirnya, dari balik meja redaksi, kami ucapkan selamat menikmati sajian khas kami.

Link majalah hortus Edisi 107 Agustus 2021
https://s.id/DsJd3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini